2.
Prof. Suhardjono
3.
Prof. Supardi
Cetakan : ke- IX
Waktu Terbit : Juni 2010
Nama Penerbit : Sinar Grafika Offset
Tebal Buku : 151 Halaman
Cara Memperbaiki Proses Kegiatan Belajar di dalam Kelas
Buku ini membahas mengenai bagaimana proses kegiatan belajar itu di perbaiki serta di dalam buku ini juga tertera berbagai penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran anak di sekolah. Bagaimana cara memperbaiki kegiatan belajar di dalam kelas? Siapa yang berperan penting dalam kesuksesan proses belajar? Semua hal tersebut akan di bahas di dalam buku ini.
Buku "Penelitian Tindakan Kelas" di tulis oleh 3 pengarang yang sangat kompeten di bidangnya pertama yakni Prof.
Suharsimi Arikunto, lahir di Bantul Yogyakarta, 11 Januari 1937, Beliau mendapatkan gelar sarjana pendidikan di salah satu universitas terkemuka di Bandung yakni Universitas Padjajaran pada tahun 1959, S-2 Pendidikan Umum IKIP Yogyakarta tahun 1966, S-3
Kependidikan IKIP Jakarta tahun 1983, Guru besar dalam kependidikan Guru.
Mendapat tambahan pendidikan singkat (3-6 bulan) dalam Education Technology di
INNOTECH tahun 1973, School Administration di Oklahoma State Management di Ohio
State University, tahun 1986-1987, Social Science for Elementary Education di
Melbourne Australia, tahun 1994. Kedua buku ini ditulis oleh Prof.
Suhardjono, lahir di Kebumen, 23 Maret 1946. Sarjana Teknik Sipil Universitas
Brawijaya tahun 1972. Beliau juga merupakan Diploma on Hydraulic Engineering dari International
Insitute of Hydraulic Engineering TH Delf, Nederland, 1977, Magister Pendidikan
IKIP Jakarta tahun 1982, dan lulus sebagai Doktor Kependidikan Bidang Studi
Teknologi Pembelajaran IKIP Malang, 1990. Guru Besar dalam Metode penelitian
tahun 2000. Ketiga buku ini ditulis oleh Prof.
H. Supardi, lahir di kota Sragen pada tanggal16 Agustus 1944. Guru Besar dalam Metodologi
Penelitian Pendidikan di Universitas Negeri Semarang tahun 1944. Mengikuti
latihan bidang Metodologi penelitian ilmu-ilmu sosial dan Ford Fondation di
Aceh tahun 1975-1976, Pendidikan dan Latian Metodologi Penelitian san Statistik
di Universitas Gadjah Mada tahun 1983, dan kursus analisis dampak lingkungan
(AMDAL) di Universitas Diponogoro tahun 1986.
Di dalam buku ini
membahas mengenai Penelitian Tindakan Kelas, yang mana PTK (Penelitian Tindakan
Kelas) ini merupakan Action Research yang bertujuan memperbaiki mutu
pembelajaran di kelas. Disini tidak membahas mengenai Input (silabus, materi,
dan lain-lain) dan tidak membahas pula Output (Hasil Belajar). Namun dalam PTK
ini membahas mengenai apa saja hal hal-hal yang terjadi di dalam kelas, tidak
mencakup output maupun input. Tujuan PTK ini sebenarnya yakni meningkatkan mutu
dan proses hasil belajar, mengatasi masalah belajar, menumbuhkan budaya
akademik, serta meningkatkan profesioalisme. Penelitian tindakan kelas ini merupakan hal yang penting dalam proses belajar, karena dengan adanya penelitin tindakan kelas ini dapat menjadi acuan dalam keberhasilan guru atau sekolah sebagai sarana belajar. Di dalam buku ini juga baik bagi setiap calon guru karena dengan adanya buku ini dapat di jadikan sebagai pedoman sebelum ia terjun langsung ke dunia pendidikan. Serta seorang guru harus memiliki tujuan yang di rencanakan untuk meningkatkan mutu yang ingin di capai olehguru ataupun anak didiknya.
Di dalam setiap buku pasti tak luput dari kekurangan ataupun kelebihan, di dalam buku "Penelitian Tindakan Kelas" ini memiliki beberapa kekurangan serta kelebihan, dari buku ini memiliki kelebihan yakni ditulis
oleh 3 pakar yang kompeten di bidangnya, penulisan
yang sistematis, tata
cara penulisan yang konsisten. Dan ada beberapa kekurangan yang terdapat dalam buku ini yakni cover yang tersedia dapat lebih di buat menarik lagi, bahasa yang di
gunakan sulit di pahami oleh semua kalangan. Dengan adanya kelebihan dan kekurangan ini dapat menjadi suatu kritikan bagi penulis agar penulis dapat lebih baik lagi dalam menuliskan sebuah buku.
Peran
kesuksesan seorang guru tidaklah semudah membalikan telapak tangan, dengan
adanya buku ini sebagai media bagi para calon guru yang ingin sukses dan
berkompeten di bidangnya, serta dalam buku ini menegaskan pula bagaimana agar
kita dapat lebih profesional sebagai guru.
Bagi para calon guru, di harapkan dapat membaca buku ini sebagai acuan
dalam meningkatkan mutu kit apabila sudah menjadi guru nanti dan tidak salah
dalam mendidik anak didik kita nantinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar