Selasa, 07 Oktober 2014

Tugas TPI (Teknik Penulisan Ilmiah), tugas ini di buat agar kita mampu memahami artikel dan mengomentarinya. Artikel dalam tugas ini di ambil dari Seno Gumira Ajidarma dengan artikelnya berjudul "Media Sebagai Panglima".

Bibiografi   : Ajidarma, Seno Gumira. 2013. "Media Sebagai Panglima", Beliau menulis artikel ini sebagai kritik terhadap media yang selama ini media memntingkan ha-hal yang sifatnya tidak netral, hanya sebatas mencari uang saja. Padahal pada awal pembentukannya media ini memiliki komitmen yang mana mementingkan isi bukan hal yang lain, sehingga penulis ini mersa sangat terganggu atas adanya media yang sifatnya tidak netral ini.

Tujuan        : Tujuan dari penulisan ini yakni penulis mengharapkan agar media bersifat netral seperti yang di sepakati sejak media muncul, sejak media ini di lahirkan pada awalnya.

Fakta Unik  :
-Para wartawan sekedar instrumen media berkerja sebagai robot, menurut saya ini sangat unik sekali yang mana sekarang fungsi wartawan sudah beralih yang tadinya mementingkan materi, namun sekarang sudh berbalik fungsi wartawan hanya sebagai robot yang menunggu pemiliknya dalam menjalankannya. Apabila robot ini tidak di perintah maka ia tidak bekerja.
-Gejala media menjadi netral hanya sebatas mitos. Mitos? Menurut saya engga, kenapa? karena di dunia ini ga ada yang ga mungkin apabila kita serius menjlaninya pasti bisa dan bisa. Begitu pula pada media. Jika pemerintah turun tangan mengenai kasus ini saya yakin kasusnya tidak akan menjadi "mitos" lagi tapi fakta. Hal tersebut harus adanya komitmen dan dukungan dari pihak-pihak yang peduli mengenai media sekarang ini.

Pertayaan    : Pertanyaan yang muncul di benak saya yakni apakah hanya dengan mengkitisi saja bisa merubah media menjadi netral?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar