Jumat, 12 September 2014

Makna Tzu Chi

TZU CHI






Tzu Chi adalah salah satu organisasi yang ada di Indonesia, saya mengenal organisasi ini saat saya memasuki STAB Negeri Sriwijaya. Sebuah Sekolah Tinggi yang berbasis Buddhis di daerah Tanggerang Banten. Tzu Chi adalah organisasi yang memiliki makna cinta kasih kepada semua makhluk (organisasi kemanusiaan).

Tzu Chi berasal dari Tzu : Memberikan Kebahagiaan, sedangkan Chi : Menghilangkan penderitaan jadi apabila disimpulkan maka makna dari kata Tzu Chi yakni Organisasi yang memberikan kebahagian serta menghilangkan penderitaan seseorang (welas asih).
Tzu Chi adalah sebuah organisasi yang berbasis Buddhis yang berdiri tahun 1966 di daerah asal Hualien Taiwan. Asal mula terbentunknya Tzu Chi ini karena pada awalnya Master Cheng Yen pendiri Tzu Chi di Taiwan ini melihat seseorang yang ingin melahirkan namun ia tidak memiliki uang sehingga ia tergerak untuk menolong ibu tersebut walaupun kondisinya saat itu ia tidak memiliki uang akhirnya untuk memperoleh biaya itu ia mengumpulkan koin yang di taruh di bambu dan di kumpulkan oleh masyarakat sekitar. Pada saat itulah Tzu Chi berdiri , walaupun berbasis Buddhis namun dalam organisasi ini tidak membeda- bedakan agama, ras, bangsa, maupun negara bagi yang ingin bersumbangsih kepada orang-orang yang membutuhkan.

Pada saat saya berkunjung ke PIK (Pulau Indah Kapuk) tempat di mana pusat organisasi ini ada di Jakarta, saya mendapatkan banyak pengetahuan seperti asal mula berdirinya Tzu Chi, makna Tzu Chi, Filosophy Tzu Chi, dan lain lain.

Tzu Chi ini memiliki 4 Misi dan 8 Jejak Langkah dalam melakukan kegiatan berorganisasi berbasis welas asih ini yakni :

-Amal Sosial
-Kesehatan
-Pendidikan dan kebudayaan  kemanusiaan
-Bantuan Internasional
-Donor Sumsum Tulang
-Pelestarian Lingkungan
-Sukarelawan Komunitas.

Yang membuat saya terkesan dengan Tzu Chi ini yakni pada jejak langkah dalam donor sumsum tulang, karena hal ini sangat jarang sekali di temui oleh organisasi lain. Jika saya tidak salah saya mengetahui bahwa Tzu Chi adalah satu-satunya organisasi kemanusiaan yang memiliki sarana dalam Donor Sumsum Tulang. Banyak sekali makna yang saya dapatkan setelah mengunjungi PIK salah satunya yakni bagaimana cara mencitai makhluk sekitar serta lingkungan sekitar kita ini (Bumi), karena dapat kita lihat banyak sekali orang yang pada era modern ini tidak mementingakan temannya bahkan lingkungan tempat ia tinggal, padahal lingkungan merupakan suatu sarana yang membuat kita dapat bertahan hidup. Semoga dengan adanya Tzu Chi ini makin banyak orang-orang yang dapat menghargai teman sekitar dan lingkungannya agar kita dapat lebih memaknai hidup ini. Saya mengutip kata-kata dari Albert Einstein - “Dunia ini adalah sebuah tempat yang berbahaya untuk didiami, bukan karena orang-orangnya jahat, tapi karena orang-orangnya tak perduli”. Jadi apabila kita mencintai dunia kita ini, kita tidak boleh seperti orang jahat tapi kita harus peduli terhadap lingkungan kita, karena biar bagaimanapun lingkungan merupakan sarana kita dalam hidup ini. Kita harus berterima kasih pada lingkungan dengan cara peduli terhadap lingkungan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar